Ajak Warga Sekolah Meningkatkan Cinta Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, SMAIT Permata Bunda berkolaborasi dengan DPRD Provinsi Lampung.

0 35

Bandar Lampung – Isu-isu Radikalisme, Ekstrimisme, Terorisme, dan Anti Pancasila kini memang nyata dihadapi para remaja. Kondisi psikis yang masih labil membawa mereka terombang-ambing dalam memahami suatu paham ideologi, sehingga sangat rentan terprovokasi yang bisa membuat ketidakpercayaan pada bangsa dan negara serta ideologi Pancasila. Salah satu langkah preventif yang didukung penuh oleh DPRD Provinsi Lampung, yakni menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peranan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan oleh Bapak Syarif Hidayat, S.T., M.M., anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil 1 Kota Bandar Lampung pada Jumat (13/5/22) di Aula SMAIT Permata Bunda. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Akademisi Fakultas Hukum Universitas Lampung sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

Sekitar 85 peserta dan representatif seluruh kelas di SMAIT Permata Bunda mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias dan khidmat dalam menyimak materi yang disampaikan. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam berinteraksi dan melayangkan pertanyaan pada pemateri. Ada 4 orang peserta yang berkesempatan bertanya pada kegiatan kali ini, yakni Muhammad Fahmi Fath (Siswa Kelas XI IPS Litosfer), Perkasa Dinanti Akbar (Siswa Kelas XI IPA Fenol), Riska Suntika (Siswa XI IPS Hidrosfer), dan Alya Aqila Rofa (Siswa Kelas XI IPA Silica). Tak lupa untuk menambah semangat peserta, disediakan hadiah (doorprize) untuk penanya aktif.

Harapannya, dengan diadakan kegiatan ini maka membantu peserta untuk memahami Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Indonesia lebih baik lagi. Sehingga, dapat mengurangi bahaya laten paham-paham atau ideologi yang berlawanan dengan Ideologi Pancasila dan menambah rasa cinta pada tanah air (nasionalisme). Harapanya juga para peserta dapat menjadi agen perubahan dan pemelihara rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Indonesia. Maka, peserta didik yang Qurani, Berkarakter, Berprestasi dan Generasi Emas Indonesia dapat terwujud lebih cepat dan mudah. -Pena Prabu.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.